Kamis, 11 Desember 2014

SCRUM



~ Pengertian SCRUM

SCRUM adalah sebuah kerangka kerja sederhana dimana orang-orang yang akan bekerja dapat menyelesaikan masalah-masalah kompleks dan dapat mengembangkan produk dengan nilai setinggi mungkin secara produktif dan kreatif.

~ Peran dalam SCRUM

1. Product Owner

     Orang yang bertanggung-jawab terhadap suksesnya pengembangan produk. Product Owner yang bertanggung-jawab untuk memaksimalkan nilai dari produk yang dikembangkan. Product Owner memastikan Product Backlog selalu tersedia, terurut dan transparan untuk semua pihak.

2. Scrum Master

     Seorang servant leader dalam Tim Scrum yang melayani Tim Scrum agar mereka dapat bekerja secara optimal menghasilkan produk yang bernilai tinggi.

3. Tim Pengembang

     Semua pihak yang mengembangkan produk yang diminta oleh Product Owner. Tim Pengembang memiliki semua keahlian yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk utuh, yang tidak terbatas dari business analyst, software engineer, tester, technical writer, dsb

~ Aktifitas SCRUM

 Sprint

Scrum adalah sebuah kerangka kerja yang dilakukan secara berulang-ulang hingga mencapai waktu yang telah ditentukan ( deadline ), hingga produk yang dikembangkan telah memenuhi kebutuhan yang diinginkan atau hingga proyek tidak didanai lagi. Perulangan, putaran atau iterasi ini memiliki batas waktu (time-box) selama 30 hari atau kurang. Dalam Scrum, putaran ini dinamakan Sprint.

Durasi dari Sprint selalu sama/konsisten sepanjang pengembangan produk berlangsung.

Sprint merupakan pembungkus untuk semua event lainnya dalam Scrum. Event-event lain dalam Scrum semuanya dilakukan didalam Sprint. Event-event Scrum antara lain adalah:

    Sprint Planning

Sprint Planning adalah seremoni untuk merencanakan pekerjaan yang akan dilakukan oleh Tim Pengembang selama satu Sprint. Pada saat Sprint Planning dilakukan, Product Owner akan datang dengan Product Backlog yang sudah terurut. Sprint Planning terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas Product Backlog Item apa yang bisa dikerjakan sedangkan bagian kedua membahas bagaimana mengerjakannya. Hasil dari Sprint Planning adalah Sprint Backlog dan Sprint Goal.

    Daily Scrum Meeting

Daily Scrum Meeting adalah sebuah kesempatan bagi Tim Pengembang untuk dapat menginspeksi dan mengadaptasikan hasil pekerjaan mereka hingga hari ini. Tim Pengembang yang baru menggunakan Scrum biasanya akan menjawab ketiga pertanyaan berikut:

-Apa yang telah saya kontribusikan kemarin.

-Apa yang akan saya kontribusikan hari ini.

-Apa yang menghambat saya untuk menyelesaikan pekerjaan saya hingga hari ini.

    Sprint Review

Pada akhir Sprint, Tim Pengembang bersama Product Owner dan stakeholder akan menginspeksi potongan produk (product increment) yang telah dikembangkan selama satu Sprint. Pada saat Sprint Review, seluruh pihak termasuk Tim Pengembang, Product Owner beserta stakeholder membahas perencaan dan strategi untuk Sprint berikutnya.

    Retrospectives

Setelah Sprint Review berakhir, Tim Pengembang dapat melakukan improvisasi yang dinamakan Retrospectives.Setelah Retrospectives selesai, Tim Scrum akan langsung melakukan Sprint Planning di keesokan harinya.



created by : Ahmad Rusdi Darminto, Dinda Devyanti Puteri, Wendy Kurniawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar