Kamis, 18 Desember 2014

Bahasa Pemrograman R

Bahasa R merupakan versi sumber terbuka (open-source) dari bahasa pemrograman S (Azola dan Harrel, 2006). Versi komersial yang berbasis bahasa S adalah S plus. Bahasa R memiliki kemampuan yang tidak kalah dangan paket-paket program pengolahan data komersial bahkan dalam beberapa hal kemampuannya lebih baik. Perbandingan R khususnya terhadap SAS dibahas secara rinci oleh Azola dan Harrel (2006). Bahasa R mendapat sambutan yang baik dari kalangan statistikawan di seluruh dunia, sayangnya di Indonesia belum banyak dikenal. Tulisan ini dibuat untuk mengenalkan bahasa R khsusunya kalangan akademisi di Indonesia, dan untuk mendukung gerakan IGOS (Indonesia Go Open Source).

Permasalahan yang ingin diungkapkan dalam tulisan ini meliputi, 1) apa saja kemampuan dasar bahasa R? dan 2) Bagaimana menggunakan bahasa R (teknik komputasinya)?

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai bahasa R dan kemampuan komputasinya, khususnya dalam manipulasi data dan visualisasi grafik. Kemampuan tersebut yang dipilih karena merupakan hal yang paling penting dalam operasi pengolahan data/statistik. Versi yang digunakan adalah R 2.4.1 dibawah sistem operasi windows.

Tulisan ini merupakan studi kepustakaan dan pengujian atas kemampuan komputasinya dicoba secara langsung, mengunakan PC Pentium (R) 4 CPU 1.70 GHz dengan sistem Windows XP dan RAM 256 MB.

CARA KERJA BAHASA R

Verzani (2002) mengemukakan bahwa keuntungan-keuntungan yang diperoleh bila menggunakan bahasa R untuk pengolahan data dan statistik antara lain: R dapat diakses gratis dan dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi (UNIX, Windows, Macintosh), sintaksnya mudah dipelajari dan memiliki banyak sekali fungsi-fungsi statistik terpasang. Disamping keuntungan tersebut Verzani (2002) juga mengumukakan kelemahan utama bahasa R adalah tidak adanya dukungan komersial. Azola dan Harrel (2006) memberikan perbandingan rinci atas kemampuan bahasa R terhadap program komersial SAS. S-Plus sebagai “kembaran” komersial dari bahasa R memiliki antar muka yang lebih baik, tetapi berjalan sedikit labih lambat dari pada R.

R merupakan sebuah paket dan sekaligus bahasa pemrograman untuk analisis data dan grafik. R merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (hight level programming). R dapat digunakan secara interaktif sehingga hasil perhitungan segera dapat dilihat, tetapi apabila perhitungannya kompleks maka perintah-perintah R ditulis lebih dahulu dalam text editor, kemudian dipanggil dengan fungsi source. Program R dapat di akses gratis di internet di http://www.r-project.org/. dan sebagaimana halnya program open source, R dirancang secara voluntary oleh ahli-ahli statistik dan pemrograman di seluruh dunia, sehingga perkembangannya sangat pesat, Versi R terakhir ketika tulisan ini dibuat adalah 2.4.1. R juga dilengkapi dengan package (add-in) yang memberikan kemampuan tambahan, misalnya perhitungan teknik-teknik statistik yang canggih, interface dan lain-lain. Packages ini juga dapat diakses gratis. Secara periodik muncul package- package baru yang menarik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Semua package ini dapat diperoleh gratis di http://cran.r-project.org/. Gambar 1 berikut ini memberikan GUI (Graphics User Interface) / antar muka grafis standard dari bahasa R. Terdapat banyak GUI lain yang juga dapat diperoleh gratis antara lain SciViews dan Rcmdr. Rcmdr dikemas dalam bentuk package R.
Bahasa R dan dengan demikian juga S merupakan bahasa yang dirancang untuk komputasi statistik, grafik dan matriks. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan bahasa R khususnya untuk analisis data dan pembuatan grafik.


Skema Kerja Bahasa R


Setelah R terinstal pada komputer maka dapat diakses melalui shortcut atau menu start. Prompt default “>” mengindikasikan bahwa R menunggu perintah yang diberikan, baik berupa fungsi maupun objek lain. R merupakan suatu bahasa berorientasi objek, artinya bahwa variabel, data, fungsi, hasil dan sebagainya, disimpan dalam memori aktif komputer dalam bentuk objek dan mempunyai sebuah nama. Pengguna dapat mengenakan aksi terhadap objek-objek tersebut melalui suatu operator (aritmatika, logika, dan perbandingan) dan fungsi (functions). Fungsi itu sendiri juga merupakan suatu objek. Penamaan terhadap objek bersifat case sensitive (membedakan huruf besar dan huruf kecil). Jadi X dan x merupakan objek yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar